Blog

BEM dan Klinik Stikes Banyuwangi Bersinergi Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis
Berita Utama

BEM dan Klinik Stikes Banyuwangi Bersinergi Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Banyuwangi bersinergi dengan Klinik Stikes Banyuwangi menggelar pemeriksaan gratis. Kegiatan yang dikemas dalam bentuk Pengabdian Masyarakat dan Bakti Sosial tersebut menyasar warga Perumahan Griya Giri Mulya, Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro Banyuwangi, Minggu (17/10/21).

Acara diawali dengan sambutan oleh Ketua Stikes Banyuwangi dan para tokoh setempat dilanjutkan dengan penyuluhan kesehatan terkait vaksinasi, stunting, informatika kesehatan, penanganan kegawat daruratan bagi awam serta sosialisasi eksplorasi hidup sehat penyitas Covid 19.

Selain memberikan infromasi kesahatan, tim klinik memberikan konsultasi kesehatan bersama dokter umum dan dokter gigi sekaligus dengan pemeriksaan kesehatan berupa pengukuran tekanan darah, cek gula darah, asam urat serta kolestrol.

Terdapat juga pos konsultasi gizi dari tim dosen Program Studi (Prodi) S1 Gizi. Semua pelayanan yang diberikan untuk warga tidak dipungut biaya atau GRATIS. Tidak hanya menyasar warga yang berusia remaja hingga lanjut usia, bahkan bagi kalangan anak-anak juga diberi edukasi kesehatan mengenai cara menggosok gigi dan cuci tangan yang benar.

Pemeriksaan kesehatan oleh BEM dan Klinik Stikes Banyuwangi kepada warga perumahan Griya Giri Mulya
ANTUSIAS : Warga perumahan Griya Giri Mulya padati halaman Masjid Al Mutaqqin untuk konsultasi serta pemeriksaan kesehatan dari BEM dan Klinik Stikes Banyuwangi.

            Ketua Stikes Banyuwangi, DR. H. Soekardjo berkesempatan hadir sekaligus membuka acara yang bertempat di halaman Masjid Al Mutaqqin itu. Dirinya menjelaskan, bahwa sinergitas kegiatan ini sangat diapresiasinya. Pasalnya, dengan adanya kegiatan pengabdian kepada masyarakat serta bakti sosial memupuk jiwa kepedulian untuk masyarakat, khususnya bagi mahasiswa.

Baca Juga: Stikes dan PMI Banyuwangi Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Posko Gunung Agung Bali

“ Melalui kegiatan ini, mahasiswa dapat belajar lebih peka dan peduli terhadap kondisi kesehatan masyarakat luas. Semoga manfaatnya juga dapat dirasakan oleh warga perumahan Griya Giri Mulya ini,” ucap Soekardjo

            Hal lain, lanjutnya, adanya pemeriksaan gratis juga sebagai bentuk memperkenalkan lebih luas keberadaan Klinik Stikes Banyuwangi. Dalam usianya yang telah menginjak dua tahun usai diresmikan pada tahun 2019, Klinik Stikes telah membuka beragam pelayananan. Bahkan, saat ini Klinik Stikes Banyuwangi telah bisa menerima pasien peserta BPJS Kesehatan.

            “Saya berharap, masyarakat akhirnya lebih mengenal lebih dekat dengan Klinik Stikes Banyuwangi, melakukan pemeriksaan kesehatan di Klinik atau bahkan menjadikan Klinik Stikes Banyuwangi sebagai fasilitas kesehatan pertama bagi warga yang memiliki kartu BPJS,” imbuhnya

Serangkaian kegiatan pengabdian BEM dan Klinik Stikes Banyuwangi kepada masyarakat
Serangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan bakti sosial yang diberikan kepada masyarakat

 Baca Juga: Stikes Lakukan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di Kecamatan Songgon

Sementara itu, Majid selaku perwakilan warga mengaku senang dengan adanya kegiatan yang digelar oleh BEM dan Klinik Stikes Banyuwangi. Menurutnya, dikondisi pandemi seperti ini, masyarakat memang sangat membutuhkan beragam informasi kesehatan agar setiap warga bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Terimakasih untuk Stikes Banyuwangi, semoga dengan adanya pemeriksaan kesehatan untuk warga disini menjadi pendeteksi dini terkait kesehatan warga di perumahan Griya Giri Mulya,” ujar Pak RW tersebut.

*(Humas)

Leave your thought here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Counter