Blog

Prospek Kerja Gizi: Dari Rumah Sakit hingga Industri Pangan
Serba Serbi

Prospek Kerja Gizi: Dari Rumah Sakit hingga Industri Pangan

Alfian Abdul Rajab.,S.Tr.Gz., M.Gz Oleh : Alfian Abdul Rajab.,S.Tr.Gz., M.Gz

Program studi S1 Gizi Stikes Banyuwangi merupakan satau-satunya prodi gizi yang ada di Banyuwangi. Nantinya, kampus ini akan mencetak calon tenaga kesahatan yang kompeten. Lulusan S1 Gizi disiapkan untuk menjadi seorang nutrisionis professional dalam mengembangkan  inovasi pangan dan gizi.

Mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikannya akan dibekali dengan berbagai kompetensi gizi dasar seperti gizi masyarakat yang mencangkup pelayanan nutrisionis terhadap penyelenggaraan gizi dimasyarakat dan program mengatasi permasalahan gizi yang masih mengakar dimasyarakat. Contohnya seperti stunting, ibu hamil KEK, gizi buruk dan masih banyak lagi lainnya.

Kompetensi berikutnya yaitu gizi klinik dimana nutrisonis harus memliki kemampuan untuk menyelenggarakan asuhan gizi terstandar dalam upaya membantu proses kesembuhan pasien. Kompetensi lainnya yaitu terkait manajemen penyelenggaraan makanan, dimana lulusan gizi mampu melakukan kegiatan pengadaan makanan mulai dari perencanaan sampai dengan makanan disajikan. Tidak hanya di rumah sakit namun manajemen penyelanggaraan makanan ini juga bisa diterapkan pada institusi lainnya seperti panti asuhan, asrama, perusahaan, pabrik dan lain sebagainya.

S1 Gizi Stikes Banyuwangi
S1 Gizi Stikes Banyuwangi

Pendidikan gizi di Indonesia beragam salah satunya yaitu sarjana gizi (S1) yang  nantinya akan mendapatkan gelar S.Gz, pendidikan ini ditempuh selama 4 tahun dengan 8 semester. Mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikan di S1 Gizi dapat melanjutkan pendidikannya di profesi/dietitian untuk memperdalam ilmu dibidang gizi kliniknya selama 1 tahun dan mendapatkan gelar Registered Dietitian (RD) serta mendapatkan Surat Tanda Registrasi (STR) tenaga kesahatan. Dimana STR tersebut yang dibutuhkan saat hendar bekerja di rumah sakit ataupun puskesmas.

Selain itu, terkait peningkatan jenjang pendidikan, lulusan S1 akan lebih mudah dalam menempuh jenjang pendidikan berikutnya seperti profesi dimana mayoritas kampus akan menerima dari S1. Sedangkan bagi mahasiswa ingin lanjut S2, maka kampus akan memprioritaskan menerima dari S1 dan di Indonesia sendiri masih sangat sedikit kampus yang mau menerima S2 dari selain S1 Gizi.

Baca Juga: Stikes Banyuwangi, Cetak Mahasiswa yang Kompeten Siap Kerja

Lalu bagaimana sih dengan prospek kerja S1 Gizi?

Praktik Laboratorium Prodi Gizi Bersama Dosen
Praktik Laboratorium Prodi Gizi Bersama Dosen

Banyak sebagian orang yang masih belum paham tentang prodi menjajikan ini, seringkali orang merasa bahwa lulusan gizi nantinya hanya menjadi chef atau tukang masak didapur, padahal hal tersebut tentu tidaklah benar. Selama kuliah, mahasiswa mendapatkan praktek memasak seperti pada mata kuliah ilmu bahan makanan dan dasar kulinari, namun disini tujuannya lebih untuk membiasakan mahasiswa untuk lebih peka pada makanan yang ditemuinya didunia kerja. Berikut adalah beberapa prospek kerja bagi lulusan S1 Gizi

    • Ahli gizi di rumah sakit, saat kuliah mahasiswa sudah dibekali dengan ilmu dietetika dan asuhan gizi terstandar sehingga nantinya dapat bekerja sama dengan tenaga kesehatan lainnya untuk membantu kesembuhan pasien di rumah sakit. Namun tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku sesuai rumah sakit itu sendiri, salah satunya dengan memiliki STR aktif.
    • Ahli gizi di puskesmas, dimana lulusan akan lebih banyak berinteraksi dengan masyarakat dan menjalankan program-program pengendalian masalah gizi, menjadi ahli gizi di puskesmas sangat cocok untuk seseorang yang tertarik terjun dan bermanfaat untuk masyarakat sekitar. Di puskesmas, STR aktif juga diperlukan sebagai salah satu persyaratan recruitment.

Baca Juga: Karir Cemerlang Kuliah Teknologi Laboratorium

  • Konsultan gizi, dengan banyaknya masalah gizi yang ada tentu ini membuka peluang yang sangat besar untuk lulusan S1 gizi membuka usaha konsultasi gizi baik secara online maupun offline.
  • Usaha catering diet, ini juga punya potensi luar biasa. Masih banyaknya masalah obesitas dan keinginan untuk menurunkan berat badan namun karena terbatas waktu maka membuat orang rela membayar banyak untuk disiapkan makanannya agar sesuai dengan kebutuhan dan diet yang diterapkan.
  • Quality Control (QC) di industri makanan, QC berperan untuk mengawasi terkait keamanan dan memastikan kandungan gizi pada makanan yang beredar dimasyarakat.

Sebenarnya masih banyak lagi prosek kerja lulusan gizi seperti menjadi ahli gizi untuk atlet, binaragawan, ahli gizi karyawan pabrik, dosen gizi, ahli gizi anak sekolah, penyuluh kesehatan dan lain sebagainya. Dengan prospek luar biasa seperti ini tentunya sangat bisa dipertimbangkan untuk digeluti lebih serius dengan berkuliah di S1 Gizi.

*(Humas)

Counter

arenadewa arenadewa https://viral-arenadewa.com/promotion/ https://viral-arenadewa.com/register/ arenamega omega138 omega138 tntslot tntslot https://online-tntslot.com/promotion/ https://online-tntslot.com/register/ https://lib.unismuhluwuk.ac.id/wp-json/ https://snbs.unipasby.ac.id/public/joker123/ https://jurnalmahasiswa.unipasby.ac.id/lib/-/redux/ https://fish.unipasby.ac.id/visi/ https://ft.unipasby.ac.id/ftek/ https://simpekabpsdm.kemendagri.go.id/xmaxwin/ http://pmb.poltrisdha.ac.id/uploads/files/ https://digilib.stiemuttaqien.ac.id/assets/uploads/files/ https://dummy.smadwiwarna.sch.id/siswa/kelasipa/ https://fikes.umc.ac.id/wp-content/website/xbet/ https://fh.umc.ac.id/wp-content/website/x777/ https://stikesbanyuwangi.ac.id/wp-content/arenamega/ https://pusdati.darulfattah.ac.id/webservice/arenamega/ https://stikes.adila.ac.id/wp-content/mega/ https://bsilhk.menlhk.go.id/bsilhk/ https://uktk.ukm.unair.ac.id/uploads/tnt/ https://dishub.banjarbarukota.go.id/wp-content/maintenance/mega/