Blog

Tim PKM Stikes Banyuwangi Lolos PIMNAS 34
Prestasi

Tim PKM Stikes Banyuwangi Lolos PIMNAS 34

Kondisi pandemi COVID-19 yang belum berakhir di Indonesia, tidak menghalangi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Banyuwangi untuk terus berkembang. Stikes menjawab tantangan yang ada melalui beragam prestasi yang diraih. Belum lama ini, Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dalam bidang Riset Sosial Humaniora (RSH) berhasil lolos dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) Ke 34.

Prsentasi Monev Tim PKM RSH Stikes Banyuwangi
PRESENTASI : Tim PKM RSH mengikuti kegiatan monev nasional secara daring

Tim RSH ini dinyatakan maju ketahap berikutnya, usai melewati monitoring evaluasi nasional bersama 2 tim Stikes lainnya yang juga lolos pendanaan proposal PKM Nasional dari Direktorat Jendera Pembelajaran dan Kemahasiswa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Tim PKM RSH mengangkat judul “Eksplorasi Pengalaman Hidup Penyitas Covid-19 dengan Zero Deaths Cases pada Suku Osing” diketuai oleh Ikhlas Bekti Dermawan mahasiswa Profesi Ners, diangggotai oleh Sarwono Dwi Saputra (Mahasiswa Profesi Ners) dan Graceila Octamanika Dayu (D3 Keperawatan 3) serta didampingi oleh Dosen Ns. Novita Surya Putri, M.Kep.

            Tim lain yang lolos dalam pendanaan ada  dari PKM Bidang Pengabdian Masyarakat (PM) dengan judul “Pemberdayaan Manajemen Bencana Gunung Raung Berbasis Virtual Reality pada Masyarakat Dusun Panjen” . Tim ini dibimbing oleh Ns. Akhmad Yanuar FP, M.Kep, diketuai oleh Grace Oktamanicka dari D3 Keperawatan tingkat 2, dengan 4 anggota lainnya yakni Eva Mariam D3 Keperawatan tingkat 2, Melania Belqis D3 Keperawatan tingkat 3, Nathanael Marvel Shane D3 Keperawatan tingkat 1 dan Yehezkiel Febria D3 Keperawatan tingkat 2.

Baca Juga: Mahasiswi Stikes Banyuwangi Raih Juara 2 Lomba Debat Ilmiah Tingkat Nasional

            Sedangkan tim ketiga dari PKM Bidang Kewirausahaan dengan judul proposal CYMENS (Cyperus Rotondus Menstrual Pain Reliever) : Inovasi Pereda Desminore dari Ekstrak Rumput Teki. Tim ini diketuai oleh Roxana Faradiba dari D3 Farmasi tingkat 3, Khoizun Husna D3 Farmasi , Rosselya Shakina D3 Farmasi, Fitri Maulida D3 Farmasi dan Fitri Rizka D3 Farmasi. Tim ketiga ini dibimbing oleh Apt. Stephanie Devi Artamesia, M.Si.

            Ikhlas Bekti Dermawan, selaku Ketua Tim RSH mengaku senang dan bersyukur, karena penelitiannya dapat lolos menuju ke PIMNAS. Dirinya bercerita, bahwa banyak proses yang telah dilaluinya hingga menuju ke PIMNAS.

            “Setelah diumumkan bawa proposal kita lolos pendanaan, kita melakukan penelitian, kemudian mengikuti monev. Dari hasil monev tersebutlah kita ditentukan, apakah kita lolos menuju Pimnas atau tidak,” ucapnya

            Tidak berhenti sampai disitu, imbuh mantan Ketua BEM Stikes itu, untuk menuju PIMNAS yang akan digelar akhir oktober ini, Ikhlas dan tim masih perlu mempersiapkan banyak hal. Luaran hasil penelitian dan beragam program pengabdian juga dilakukan. Tak lupa Ikhlas juga mengucapkan banyak terimakasih kepada civitas akademika Stikes Banyuwangi yang telah banyak memberi dukungan dalam beragam bidang.

            “ Bisa lolos pendanaan saja kita sudah bersyukur dan senang, apalagi ini masuk PIMNAS. Kami berusaha mempersiapkan sebaik mungkin, dan saat ini masih terus berprogres. Terimakasih untuk kedua orang tua, teman, termasuk kampus Stikes Banyuwangi atas doa, support dan dukungan lain yang telah diberikan kepada kami semua” imbuh Ikhlas.

            Ketua Sikes Banyuwangi, DR. H. Soekardjo mengaku bersyukur dengan prestasi yang diraih oleh mahasiswa Stikes Banyuwangi. “ Puji syukur Alhamdulillah, Stikes Banyuwangi masih bisa menunjukkan eksistensinya dalam ajang bergengsi PIMNAS ke 34, dimana tim PKM kita juga pernah lolos di PIMNAS Ke 32. Tahun 2021 ini, ada 3 tim PKM yang lolos dalam pendanaan dan telah mengikuti monev nasional, dan hanya 1 tim yang berhasil lolos sampai ke PIMNAS. Mohon do’a dan dukungannya agar mereka diberi kemudahan dan kelancaran, sehingga bisa membawa nama Stikes dan juga Kabupaten Banyuwangi dikancah nasional,” ucap Soekardjo.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap prestasi mahasiswa, Stikes Banyuwangi memberikan beasiswa penghargaan kepada tim PKM yang telah lolos pendanaan. Penyerahan diberikan langsung oleh ketua Stikes dalam acara apel rutin bulanan didampingi Bapak Ivan Rachmawan, M.Kom selaku wakil ketua tiga bidang kemahasiswaan, Selasa (5/10/2021) di lapangan upacara setempat. (Humas)

Penyerahan Beasiswa Penghargaan PKM Stikes Banyuwangi
FOTO BERSAMA : Ketua Stikes Banyuwangi dan para dosen pendamping melakukan foto bersama dengan Tim PKM lolos pendanaan, dalam prosesi penyerahan beasiswa penghargaan

Leave your thought here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Counter