Blog

Beragam Kegiatan Perayaan Diesnatalis ke 15 Stikes Banyuwangi
Berita Utama

Beragam Kegiatan Perayaan Diesnatalis ke 15 Stikes Banyuwangi

Rangkaian lomba-lomba dan pemilihan duta kampus

Lima belas tahun sudah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Banyuwangi berdiri. Beragam prestasi dan penghargaan terus didapatkan, seiring dengan perbaikan dan perkembangan yang dilakukan. Di Setiap tahunnya, Stikes tak pernah lepas mengagendakan serangkaian acara untuk memeriahkan diesnatalis kampus kesehatan ini.

Termasuk di usianya saat ini, meski masih dalam era pandemi, Stikes terus produktif dan berinovasi. Dengan mengusung tema Health Spirit of The World”, Stikes menggelar beragam kegiatan bidang akademik maupun non akademik. Tidak hanya untuk internal kampus, melainkan juga terselenggara lomba-lomba tingkat nasional untuk para pelajar menengah atas, kejuruan ataupun madrasah.

“Lomba –lomba yang diikuti oleh mahasiswa merupakan bagian dari beberapa unit kegiatan mahasiswa atau UKM yang ada di Stikes,” ucap Muhammad Fuad Hasim, selaku ketua Panitia.

Sedangkan untuk perlombaan tingkat pelajar siswa, lanjut Fuad, diantaranya adalah lomba baca berita dengan juara satu dan dua diraih oleh MAN 2 Banyuwangi, juara tiga diraih oleh SMK Gajah Mada Banyuwangi. Adapula lomba dakwah agama islam yang ketiga juaranya disabet oleh MAN Buleleng Bali. Selain itu, juga digelar lomba video kesehatan First Aids, dimana juara satu diraih SMAN 1 Rogojampi Taruna Budaya, juara dua diraih oleh SMA N 1 Bangorejo, dan juara 3 diraih oleh SMK Muhammadiyah 1 Pandaan. 

Baca Juga: Sebanyak 247 Mahasiswa Stikes Banyuwangi Dinyatakan Lulus

Terdapat lomba poster, dimana juara 1 dan 2 diraih oleh SMAN 1 Rogojampi Taruna Budaya, sedangkan juara 3 diraih oleh SMAN 1 Glenmore. Lomba terakhir ada cerdas cermat, dan SMKN 1 Banyuwangi berhasil meraih juara 1, disusul SMA N 1 Glenmore sebagai juara 2 dan SMA N 1 Rogojampi juara tiganya. Dari hasil juara, SMAN 1 Rogojampi Taruna Budaya kembali dinobatkan sebagai juara umum dan membawa pulang piala bergilir.

Juara umum lomba pelajar pada acara diesnatalis ke 15 Stikes Banyuwangi
Keterangan: Penyerahan piala bergilir kepada SMAN 1 Rogojampi Taruna Budaya sebagai juara umum Diesnatalis ke 15.

“Perayaan diesnatalis ke 15 dimulai sejak bulan November, dan malam puncaknya berlangsung offline di Auditorium GBK pada 16 Desember 2021. Rangkaiannya beragam, mulai dari pertunjukan pentas seni dari mahasiswa, Stikes Award untuk dosen dan karyawan,  santunan untuk anak yatim serta penobatan duta kampus Stikes Banyuwangi. ”Imbuh pria yang berasal dari prodi S1 Keperawatan tingkat 3 itu.

Diesnatalis juga selalu menjadi ajang bergengsi pemilihan campus ambassador Stikes. Ditahun 2021 ini, terpili Rendi Yositori Armada Putra dari D3 Farmasi tingkat 2 berpasangan dengan Putri Aulia Diva dari S1 Keperawatan tingkat 1.

Peraih Duta Kampus 2021 pada acara diesnatalis ke 15 Stikes Banyuwangi
Keterangan: Rendi Yositori Armada Putra dan Putri Aulia Diva sebagai Pemenang Duta Kampus 2021 dalam acara Perayaan diesnatalis ke 15.

Pada pagelaran malam puncak, selain dihadiri oleh civitas akademika dan para pemenang lomba tingkat pelajar, tampak hadir ketua IKOMA (ikatan keluarga orang tua mahasiswa), perwakilan Ikatan Alumni Stikes Banyuwangi (IKA SEWANGI) serta undangan dari sponsor seperti Bank Syariah Indonesia, Emina, By.U , Kopi Lego, Najwa Kuliner, SR Gallery, Nanda Nisa Management, Monera Makeup, Makeup by Agustina, Barfins Project Makeup, Arby Jaya Collection, Yerhima Craft, Ar Raihan Fried Chicken and Minimarket, Dugongs Banyuwangi serta Eza Guntur Management.

Fuad menjelaskan, organisasi mahasiswa Stikes Banyuwangi terus bergerak dan berkarya menunjukkan eksistensinya di tengah kondisi pandemi yang belum berakhir. Selama diesnatalis, himpunan mahasiswa prodi juga menggelar beragam kegiatan seperti webinar, open donasi untuk warga atau mahasiswa terdampak covid 19, terdampak bencana dan lainnya. 

Baca Juga: Mahasiswa Stikes Terima Beasiswa dari Baznas Banyuwangi

DR. H. Soekardjo, selaku Ketua Stikes Banyuwangi mengapresiasi beragam kegiatan yang telah berjalan. Menurutnya, ini menjadi wujud eksistensi keberadaan Stikes yang terus berbenah tidak hanya pada perkembangan infrastruktur saja, namun juga pada pembentukan karakter sumber daya manusia didalamnya.

“Bukan hal mudah untuk Stikes berdiri selama 15 tahun ini, beragam proses terus kami jalani dan syukuri. Capaian prestasi yang telah diraih hingga kini tentunya juga berkat kerjasama yang solid sivitas akademika Stikes Banyuwangi. Alhamdulillah, di penghujung tahun ini kami juga meraih penghargaan dari Bupati dalam bidang kesehatan pada acara Banyuwangi Award 2021. Penghargaan kami terima langsung di Pendopo Sabtu kemarin,” ucap  DR. H. Soekardjo, Ketua Stikes Banyuwangi.

Ketua Stikes Banyuwangi menerima penghargaan bidang kesehatan dalam acara Banyuwangi Award 2021
Keterangan: Bupati Banyuwangi Hj. Ipuk Fiestiandani, S.Pd. menyerahkan penghargaan dalam bidang kesehatan pada acara Banyuwangi Award 2021 kepada ketua Stikes Banyuwangi DR. H. Soekardjo.

Terkait penghargaan yang baru diterima, Soekardjo menjelaskan bahwa hal tersebut juga atas prestasi dari Forum Banyuwangi Sehat atas kinerjanya sehingga Pemerintah Kabupaten Banyuwangi mendapatkan predikat Swasti Sabha Wistara dua kali berturut-turut sebagai Kabupaten Sehat Tingkat Nasional. 

Kedepan, Stikes juga masih akan mengadakan beragam program bidang kesehatan yang langsung terjun ke Masyarakat, seperti One Team One Family, sosialisasi program pendidikan Ners Spesialis yang bekerjasama dengan FKP Unair Surabaya serta Bidan Spesialis.

“Mohon doa dan dukungannya, semoga Stikes dapat mewujudkan itu semua demi memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. Terimakasih kepada pemerintah daerah, BAPPEDA, Dinas Kesehatan dan instansi-instansi terkait yang juga banyak memberikan dukungan kepada kami,” imbuhnya.

Counter