Blog

Stikes Banyuwangi, Kampus Pertama di Banyuwangi yang Miliki Pojok Statistik
Berita Utama

Stikes Banyuwangi, Kampus Pertama di Banyuwangi yang Miliki Pojok Statistik

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Banyuwangi menjadi kampus pertama di Kabupaten Banyuwangi yang memiliki Pojok Statistik. Diresmikan langsung oleh Sekretaris Daerah Banyuwangi, acara launching berlangsung di Auditorium GBK, Jum’at lalu (2/11/22).  Tidak hanya peresmian, terdapat kegiatan Seminar Sosial Kependudukan Hasil Pendataan SP Long Form.

            Launching dan seminar tersebut diikuti oleh ratusan mahasiswa Stikes Banyuwangi. Turut hadir jajaran instansi lainnya dari Bappeda, Kominfo, Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan. Serta hadir pula pimpinan perguruan tinggi Se-Kabupaten Banyuwangi.

            DR. H. Soekardjo selaku Ketua Stikes Banyuwangi menjelaskan, adanya Pojok Statistik di kampus pencetak tenaga kesehatan ini merupakan implementasi dari kerjasama antara Stikes Banyuwangi dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Banyuwangi. Selain itu juga mendukung arahan Presiden Republik Indonesia, bahwa setiap data harus akurat, mutakhir, terpadu, terintegrasi dari semua data dapat dipertanggungjawabkan mengacu pada satu data Indonesia.

 “Hasil dari diskusi kajian bersama, adanya pojok statistik sangat memfasilitasi mahasiswa, dosen dan tendik dalam mencari data untuk kebutuhan penelitian, pengabdian masyarakat ataupun pembuatan jurnal ilmiah,” ucap Soekardjo

            Kami sangat berterimakasih, imbuhnya, BPS telah mensuport berdirinya pojok statistik. Bahkan, 6 mahasiswa terpilih menjadi sahabat statistik yang telah diberi pelatihan oleh rekan-rekan BPS. Tugas sahabat statistik yaitu membantu rekan-rekan mahasiswa lainnya dalam pencarian data yang dipublikasikan BPS.

Baca Juga: Tiga Prodi Baru Stikes Banyuwangi Telah Terakreditasi LAM PT-Kes

Soekardjo berharap sivitas akademika dapat memanfaatkan dengan baik sehingga dapat menyajikan data secara real dan valid.

            “Kami berterimakasih atas dukungan dari beragam pihak, termasuk jajaran pemerintah daerah. Semoga hal ini dapat menginspirasi perguruan tinggi lainnya di Banyuwangi untuk juga memiliki Pojok Statistik,” imbuhnya

Suasana ruang pijok statistik stikes banyuwangi berikan kenyamanan
FOTO : Nyaman! Lokasi Pojok Statistik di Perpustkaan Stikes Banyuwangi

            Hal senada juga disampaikan oleh Kepala BPS Banyuwangi, Joko Santoso, S.E., M.Si, tujuan dari berdirinya Pojok Statistik tidak hanya mengenalkan BPS kepada masyarakat saja melainkan juga untuk membantu mahasiswa atau dosen agar lebih sadar tentang data.

Baca Juga: Stikes Turut Aksi dalam Inovasi One Student One Client

“Adanya pojok statistik, mahasiswa atau dosen akan lebih mudah mencari data sesuai kebutuhan tanpa perlu datang ke kantor BPSnya,” tutur Joko

            Sementara itu, Ir. H. Mujiono, M.Si selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Banyuwangi mengucapkan selamat atas launchingnya Pojok Statistik di Stikes Banyuwangi. Mujiono berharap, adanya pojok statistik lebih dapat mendekatkan masyarakat kepada data.

“Semoga semua dari kita, dapat menyajikan data yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan dalam setiap kebutuhan yang memerlukan data serta menjadi dasar upaya dalam mengambil sebuah kebijakan,” ungkapnya.

*(Humas)

Counter