Blog

Ternyata ini Cara Menghindari Dehidrasi Saat Puasa
Info Kesehatan

Ternyata ini Cara Menghindari Dehidrasi Saat Puasa

Hai sobat sehat, selamat menunaikan ibadah puasa. Puasa tidak hanya sekedar menahan makan minum hingga waktunya berbuka. Banyak hal yang perlu diperhatikan agar puasa yang kita lakukan selain mendapatkan berkah namun juga lancar dan sehat. Salah satunya yakni tentang pemenuhan air mineral setiap harinya selama puasa.

Setelah seharian menahan rasa lapar dan haus, pasti akan lebih nikmat apabila saat berbuka tiba, menu yang dipilih adalah hidangan yang manis dan menyegarkan. Disaat Ramadhan kalimat anjuran “berbukalah dengan yang manis” mungkin tidak asing lagi untuk didengar, pasalnya dapat membantu mengembalikan energi dengan cepat. Namun, bagi sebagian orang terkadang lalau atau lupa untuk tetap memperhatikan asupan cairan khususnya air putih bagi tubuh.

Sama halnya dengan hari-hari biasa, dalam sehari kebutuhan cairan yang masuk dalam tubuh adalah dua liter atau setara dengan 8 gelas air putih. Selama puasa mungkin terasa sulit untuk bisa memenuhinya, karena mungkin merasa kenyang setelah puas berbuka ataupun alasan lainnya. Namun hal itu akan menjadi mudah apabila kita menerapkan trik berikut :

Ada 8 waktu yang bisa kita gunakan untuk memenuhi asupan air putih agar puasa kita tetap lancar tanpa dehidrasi, waktu tersebut adalah :

1.      1 gelas saat bangun sahur

Sesaat setelah bangun tidur hendak sholat malam atau persiapan sahur, kita bisa meminum satu gelas air putih.

2.      1 gelas setelah sahur

Usai menyantap hidangan sahur, kita bisa meminum satu gelas air kembali ataupun diwaktu menjelang imsyak. Satu gelas air disaat waktu sahur ini dinilai penting, karena setelah memasuki waktu imsyak kita tidak lagi dianjurkan untuk minum ataupun makan.

Baca Juga: 5 Cara Hindari Kolesterol Meningkat Saat Lebaran

3.      1 gelas saat berbuka puasa

Saat waktu berbuka telah tiba, biasanya kita membatalkan puasa sehari dengan kurma. Jangan lupa untuk tetap meminum satu gelas air putih. Boleh mengkonsumsi minuman lain seperti es buah ataulainnya, namun kita tidak boleh lupa dengan tetap mengkonsumsi air putih. Pastinya tetap dalam porsi secukupnya.

Kadangkala, kita merasa ingin balas dendam untuk menghabiskan menu berbuka, hasilnya kita akan merasa kekenyangan. Padahal setelah berbuka, kita masih harus menjalankan ibadah sholat magrib, isya dan taraweh. Jangan sampai akibat kita terlalu banyak makan dan minum, membuat kita tidak melakukan ibadah wajib kita.

4.      1 gelas setelah sholat magrib

Usai sholat magrib, kita bisa mengkonsumsi air putih kembali satu gelas. Sembari menikmati santapan berbuka yang lain, harus tetap ingat dengan konsumsi air putih.

5.      1 gelas setelah makan malam

Satu gelas setelah makan malam juga sangat dianjurkan. Sebagian dari kita biasanya memilih makan malam usai sholat magrib. Sehingga saat waktu bebruka tiba atau adzan magrib sudah berkumandang, mereka tidak langsung memakan hidangan berat, mereka hanya membatalkan dengan air putih dan kurma.

6.      1 gelas setelah sholat isya

Usai sholat isya, sembari menunggu waktu sholat taraweh kita bisa meminum air putih satu gelas kembali. Agar saat melakukan sholat taraweh nantinya, kita tidak merasa haus.

7.      1 gelas setelah sholat taraweh

Sepulang sholat taraweh, kita kembali mengkonsumsi air putih satu gelas. Mungkin sebagian orang ada yang melanjutkan dengan kegiatan tadarus, itu tidak menjadi masalah, justru akan mendapat pahala. Perlu dihimbau untuk tetap memperhatikan kebutuhan air putih.

8.      1 gelas sebelum tidur

Waktu terkahir, yakni digelas ke delapan bisa diminum saat kita hendak tidur. Selepas membersihkan diri, kita bisa minum air putih lalu beranjak tidur.

Selain dari air putih, asupan cairan memang juga bisa diperoleh dari lainnya seperti buah dan sayur yang dikonsumsi. Namun kebutuhannya hanya sekitar 20% saja, dan lainnya dibutuhkan dari asupan lainnya. Untuk itu, air mineral tetap menjadi prioritas dalam memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Terlebih selama ramadhan ini, menjaga tubuh untuk tidak dehidrasi (kekurangan cairan) adalah hal yang sangat penting. Hal ini demi menjaga kecukupan cairan tubuh.

Air putih yang secara tampilan terlihat begitu sederhana tidak hanya sekedar pelepas dahaga setelah seharian menahan minum ataupun menghindari dehidrasi pada tubuh. Ternyata air putih juga memiliki beragam manfaat kesehatan bagi tubuh. ( Pentingnya mengkonsumsi air putih juga bisa dibaca pada artikel kami di Manfaat minum air putih).

Air putih memiliki peran dalam menjaga kadar cairan yang ada didalam tubuh, agar saluran pencernaan tubuh manusia tidak mengalami gangguan. Begitupula dengan peran mempertahankan suhu tubuh. Darisinilah juga bisa diketahui, apabila seseorang kurang dalam mengkonsumsi air putih maka akan merasakan demam pada tubuhnya.

Dehidrasi sendiri terbagi menjadi dua, yakni dehidrasi ringan, dehidrasi sedang dan dehidrasi berat. Setipa golongan dehidrasi tersebut memiliki tanda dan gejala yang berbeda.  

Tanda gelaja dehidrasi ringan hingga sedang :

1.      Merasa haus namun tidak yang sangat haus

2.      Saat buang air kecil, urine Nampak berwarna kuning dan pekat

3.      Rasa ingin buang air kecil (frekuensi) mengalami penuruan

4.      Merasa lengket dan kering pada mulut

5.      Mudah mengantuk dan letih

6.      Merasa sulit untuk berkonsentrasi dan sering mengantuk

7.      Biasanya terjadi kram otot

8.      Adanya demam

9.      Merasa susah buang air besar atau sembelit.

Baca Juga: 7 Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Tanda gelaja dehidrasi berat: selain merasakan tanda gejala ringan – sedang, juga diserta tanda gejala

1.      Merasa sangat kehausan

2.      Jantung berdebar-debar hingga tidak beraturan

3.      Nafas menjadi lebih cepat dari normalnya

4.      Terjadi penurunan tekanan darah

5.      Pada daerah mata terlihat cekung atau mata cowong

6.      Kulit tubuh menjadi terlihat kering, bahkan juga elastisitasnya berkurang

7.      Warna urine lebih pekat, namun ada juga yang hingga tidak bisa lagi buang air kecil

8.      Bisa terjadi kejang bahkan pingsan

9.      Merasa linglung

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan akibat dehidrasi atau kekurangan minum air putih, maka perlu diperhatikan kembali terkait kebutuhan cairan tubuh dua liter perhari. Beragam manfaat dari air putih sangat membantu menjaga kesehatan tubuh, sehingga proses menjalani puasa selama ramadhan tidak terganggu.

Kenali gejala dehidrasi
ilustrasi tanda gejala dehidrasi (SB Media)

Apalagi mengingat ramadhan kali ini masih ditemani dengan kondisi pandemi yang tak kunjung pergi. Penyebaran virus corona 19 belum juga terhenti. Menjaga kesehatan tubuh dan imun tubuh adalah hal wajib selain penerapan protokol kesehatan dan vaksin. Adanya pandemi covid-19 bukanlah alasan kita untuk tidak bisa menjalankan puasa ramadhan secara maksimal.

Mari kita sama-sama saling menjaga kesehatan, agar kita semua dapat menjalani ibadah puasa kali ini dengan lancar dan selalu sehat. Mari kita juga sama-sama saling memotivasi untuk selalu hidup sehat, dengan tidak menyepelekan manfaat dari mengkonsumsi air putih. Dua liter perhari atau setara dengan 8 gelas air putih dala sehari, menyelamatkan kita dari berbagai penyakit. Semoga ibadah kita menghasilkan pahala yang berkah bagi kita semua.

*(Humas)

Counter