Blog

6 Tips Jitu Menjaga Kesehatan Mata Paling Mudah
Info Kesehatan

6 Tips Jitu Menjaga Kesehatan Mata Paling Mudah

Setiap hari kamis pekan kedua di Bulan Oktober, menjadi peringatan Hari Penglihatan Sedunia. Dengan tema, “Live Your Eyes” atau “Cintai Matamu”, hari penglihatan sedunia di tahun ini jatuh pada 14 Oktober 2021. Tidak bisa dipungkiri, bahwa penglihatan merupakan bagian penting dalam kehidupan untuk itu sangat perlu menjaga kesehatan mata supaya terhindar dari kerusakan penglihatan.

Peringatan Hari Penglihatan Sedunia ini ada landasannya menurut Badan Kesehatan Dunia atau WHO (World Health Organization), secara umum terdata hampir 1 Milyar orang mengeluhkan adanya gangguan penglihatan dalam dirinya, baik jarak dekat ataupun jarak jauh yang masih bisa dicegah ataupun belum tertangani.

Hari Peringatan Sedunia 2021

            Tidak hanya pada kalangan usia lanjut yang secara fungsi alat inderanya mengalami penurunan, bahkan diusia muda atau remaja juga seringkali ditemukan gangguan penglihatan. Salah satu penyebabnya bisa dikarenakan gaya hidup atau pola aktifitas sehari-hari yang kurang menjaga kesehatan mata.

            Menjaga kesehatan mata adalah bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Tuhan telah memberikan nikmat penglihatan tanpa harus membayarnya, sudah sepatutnya menjaga kesehatan mata adalah kewajiban bagi setiap manusia. Sebagai generasi muda yang aktifitasnya lebih padat dan energik, kebutuhan fokus penglihatan dari mata sangatlah diperlukan. Terlebih saat ini, kita tengah hidup di era yang serba canggih berbasis IT.

Baca Juga: Cara Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

            Modernisasi peradaban saat ini yang mengacu pada era 4.0, beragam kegiatan beralih dalam sebuah perangkat lunak. Hampir separuh hari, kalangan usia anak-anak hingga lansia berhadapan dengan layar, baik perangkat komputer, televisi ataupun gawai. Hal ini tentunya memberikan dampak positif dan negatif bagi manusia.

            Berhadapan dengan layar dalam waktu lama, tentunya bukan hal yang menyehatkan bagi mata. Banyak gangguan pada mata yang akan terjadi, apabila manusia tidak dapat mengatur waktu bekerja. Perlu adanya kesadaran, pemahaman ilmu dan penerapan tindakan menjaga kesehatan mata guna mengurangi atau mencegah terjadinya gangguan mata.

Berikut adalah tips menjaga kesehatan mata :

1.      Memakai Kacamata Pelindung Anti Radiasi

Pada kondisi saat ini, di era pandemi Covid 19 tentunya, meskipun beberapa aktivitas mulai digiatkan kembali, namun beberapa kegiatan masih digelar secara dalam jaringan (daring) atau online. Mau tidak mau, mata harus dipaksakan untuk menjalankan fungsinya berfokus menatap layar. Tak jarang sekali kegiatan-kegiatan daring dilaksanakan dengan durasi yang cukup menyita waktu. Lambat laun, mata akan terasa panas dan mudah lelah, karena pantulan cahaya dari layar langsung terkena mata. Guna menyiasatinya, kita bisa menggunakan kacamata pelindung anti radiasi.

Kacamata anti radiasi adalah alat pelindung indera penglihatan yang dirancang secara khusus untuk meminimalisir atau mencegah masuknya radiasi yang ditimbulkan dari layar komputer, telpon genggam bahkan juga sinar matahari. Kacamata seperti ini juga telah banyak dijual diberagam e-commerce. Perlu kehatian-kehatian dalam membelinya, karena bisa saja secara sekilas fisik dari kacamata anti radiasi serupa dengan kacamata pada umumnya. Pastikan pula bentuk kacamata yang digunakan pas dengan bentuk mata, agar nyaman saat digunakan berkegiatan.

2.      Mengatur Pencahayaan Ruangan dan Perangkat

Layar perangkat teknologi yang digunakan sehari-hari juga perlu diatur tingkat kecerahannya. Buatlah pencahayaan yang dihasilkan tidak terlau silau, sehingga mata lebih nyaman untuk melihat kea rah perangkat. Cahaya yang terlalu terang, seringkali dirasakan sangat mengganggu penglihatan.

Apabila hal tersebut dilakukan secara terus menerus dalam jangka watu yang lama, maka akan mudah memicu timbulnya gangguan mata. Sehingga perlu adanya pengontrolan terhadap cahaya yang dihasilkan dari perangkat yang digunakan sehari-hari.

Selain itu, cahaya ruangan juga dapat mempengaruhi fungsi penglihatan. Sebagian orang lebih suka memilih berkegiatan didepan laptop atau televise untuk sekedar menonton film/video dengan kondi lampu mati. Secara suasana memang ternilai lebih pas dan mendukung, namun untuk penglihatan hal tersebut tidak begitu disarankan.

Alasannya karena ketika kondisi gelap kita menatap layar, maka mata akan lebih ekstra bekerja menjalankan fungsinya. Sehingga mudah sekali muncul keluhan seperti menjadi pusing, mata panas serta lelah. Maka dari itu, perlu pengaturan cahaya ruangan yang cukup bilamana memaksakan diri untuk bekerja dihadapan layar.

Baca Juga: Manfaat Sarapan Pagi Bagi Kesehatan

3.      Menghindari Penggunaan Lensa Mata Lebih dari 19 Jam

Sebagian orang kini beralih memilih menggunakan lensa mata atau kontak lens daripada kacamata. Landasannya beragam, mulai dari bentuknya yang lebih simple dan modi, kontak lens juga memiliki fungsi lebih efisien daripada kacamata. Yang perlu menjadi perhatian yakni durasi penggunaan lensa mata.

Alangkah baiknya, penggunaan kontak lens diimbangi dengan perawatan dan pemasangan yang benar sesuai anjuran. Hindari penggunaan kontak lens secara lama, atau melebihi waktu dari 19 jam. Penggunaan dalam durasi lama dapat menimbulkan kerusakan pada mata, bahkan kerusakan yang permanen. Pemilihan kontaks lens dengan kualitas terbaik juga sangat dianjurkan untuk kenyamanan pemakaian.

4.      Mengkonsumsi buah dan sayuran

Menghindari beberapa hal demi menjaga kesehatan mata memang dianjurkan, namun juga perlu diimbangi dengan pola nutrisi yang bergizi. Mengkonsumsi buah dan sayuran memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan mata. Buah dengan kandungan Vitamin A, Vitamin C seperti tomat dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata.

Adapula buah Alpukat yang memiliki kandungan Lutein bermanfaat untuk mencegah degenerasi mata katarak dan macular. Buah lain yang memiliki kandungan Vitamin A didalamnya adalah pisang. Vitamin A itu sendiri dapat bermanfaat menjaga kesehatan mata.

Kalangan sayuran untuk kesehatan mata seperti brokoli dan wortel. Kandungan Zeaxanthin dan Lutein pada brokoli mampu melindungi mata dari sinar UV. Sedangkan wortel terkenal dengan buah yang kaya akan kandungan Beta Karoten, Vitamin B6 dan C, Kalsium, Kalium, Fosfor dan Serat. Kandung itu semua akan dirubah oleh tubuh menjadi Vitamin A.

5.      Melakukan Peregangan Mata

Ketika kita telah lama berada dihadapan layar, maka perlu melakukan pengistirahatan sejenak. Mata yang dipaksa bekerja terus menerus juga akan mengalami penurunan kenyamanan. Alangkah baiknya, disetiap 2 atau 3 jam sekali perlu berhenti dan segera melakukan peregangan mata.

Contoh peregangan atau senam mata yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pemijatan pada wajah, memejamkan mata sejenak, menggerakan bola mata atau melirik. Setelah dirasa kembali nyaman, maka kita dapat melanjutkan pekerjaan kembali.

Pijat Mata

Baca juga: 8 Manfaat Jus Semangka Bagi Kesehatan

6.      Melakukan Pemeriksaan Mata Secara Rutin

Langkah awal atau sebagai pendeteksi dini adanya gangguan pada mata yaitu melalui pemeriksaan kesehatan mata. Dengan melakukan pemeriksaan secara rutin merupakan cara kita juga menjaga kesehatan mata. Pemeriksaan mata bisa dilakukan 6 atau 12 bulan sekali, agar selalu mendapat informasi terkait kesehatan mata kita.

Warna mata sehat adalah benar-benar putih untuk bagian sclera (bagian mata yang putih), wana pupil nya benar-benar jernih, begitu juga dengan kornea atau selaput bening mata. Apabila ditemukan warna yang berbeda, maka bisa saja ditemukan kondisi mata tidak sehat.

Mata tidak sehat ditunjukkan dengan warna mata menjadi merah, terasa panas, perih hingga gatal. Terkadang jika dirasakan mata terasa kering dan lelah, itu juga menandakan bahwa kondisi mata sedang tidak sehat. Jika ditemukan gejala seperti itu, dihimbau untuk segera memeriksakan ke pelayanan kesehatan.

            Menjaga kesehatan mata adalah kewajiban setiap manusia, sebagai bentuk rasa syukur atas anugrah kesempurnaan yang diberi oleh Allah. Melalui peringatan Hari Penglihatan Sedunia, mari kita semua saling memberi dukungan untuk kita mencintai mata kita. Mata adalah jendela kita melihatnya indahnya dunia, melihat bahagianya orang-orang yang kita cinta.

Leave your thought here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Counter