Blog

Tips Aman Beraktivitas Di Luar Rumah Selama Pandemi
Serba Serbi

Tips Aman Beraktivitas Di Luar Rumah Selama Pandemi

Penyebaran virus covid-19 masih terus terjadi di seluruh dunia, beberapa negara juga menunjukkan adanya peningkatan angka kejadian virus covid-19 ini. Indonesia merupakan salah satu negara yang tingkat penyebaran virus covid-19 masih termasuk tinggi. Jumlah pasien positif dan meninggal tiap hari kian bertambah.

Kasus infeksi virus covid-19 masih menjadi ancaman besar bagi masyarakat Indonesia, terlebih karena lonjakan kasusnya yang semakin meningkat. Salah satu munculnya lonjakan kasus Covid-19 yakni kian menyebarnya berbagai varian baru virus SARS-CoV-2 yang memiliki karakter lebih mudah menular, seperti varian Alpha, Beta, dan Delta. Hal tersebut menjadi suatu kekhawatiran bagi sebagian orang.

Pandemi yang masih berlangsung ini menjadikan masyarakat harus mengenal adaptasi kebiasaan baru yang telah diterapkan oleh pemerintah sejak mei 2020. Agar masyarakat tetap produktif di tengah pandemi COVID-19, maka masyarakat harus beradaptasi dengan berbagai kebiasaan baru. Melakukan kebiasaan baru ini penting untuk tetap menjaga diri, keluarga di rumah, dan lingkungan sekitar tetap aman.

Kebiasaan adaptasi normal baru ini juga sebagai pola aktivitas harian masyarakat yang selama ini sudah dilakukan namun diubah tidak seperti yang sebelumnya. Tujuan adanya kebiasaan normal baru ini diharapkan masyarakat dapat melakukan aktivitas secara produktif dan aman selama pandemi. Sehingga masyarakat masih bisa melakukan aktivitas seperti bekerja maupun belajar secara baik.

Meskipun masyarakat dapat melakukan aktivitas selama pandemi, namun pemerintah menyarankan untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan untuk menghindari penyebaran virus yang lebih meluas. Namun apabila diharuskan untuk melakukan aktivitas di luar rumah, sebaiknya masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah untuk keamanan diri sendiri maupun orang lain.

Baca Juga: Tips Belajar Sehat Dirumah Selama Pandemi Covid 19

Melakukan aktivitas di luar ruangan harus meningkatkan tingkat kewaspadaan serta dibarengi dengan komitmen untuk selalu melakukan protokol kesehatan dengan ketat. Hal ini untuk membantu melindungi diri dari orang lain, terlebih bagi orang tanpa gejala yang dapat menularkan virus kepada diri sendiri. Oleh karena itu, meskipun beraktivitas di luar rumah bisa dilakukan namun proteksi diri harus lebih ditingkatkan.

Sebelum melakukan aktivitas di luar rumah, sebaiknya memperhatikan keamanan diri sendiri untuk melindungi agar tetap aman selama beraktivitas. Hal yang harus diperhatikan mulai dari sebelum melakukan aktivitas hingga sesudah melakukan aktivitas di luar rumah. Berikut ini merupakan tips yang harus dilakukan untuk masyarakat yang terpaksa harus beraktivitas di luar rumah selama pandemi agar tetap aman:

Sebelum Melakukan Aktivitas

1.      Pastikan Kondisi Tubuh Sehat

Hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan kegiatan di luar, pastikan tubuh dalam kondisi sehat dan sedang tidak sakit. Sebaiknya melakukan pengecekan suhu tubuh menggunakan thermometer, mengetahui saturasi oksigen dengan pulse oximeter untuk memastikan tidak sesak serta pastikan sedang tidak mengalami flu.

2.      Menyiapkan New Normal Kit

Sebelum melakukan aktivitas di luar rumah, sebaiknya menyiapkan masker cadangan yang dapat digunakan sebagai pengganti masker yang telah dipakai selama 4 jam. Pastikan untuk membawa masker medis dan masker kain sebagai cadangan untuk penggunaan masker ganda yang lebih efektif untuk mencegah virus. Selain masker, sebaiknya juga menyiapkan hand sanitizer untuk mempermudah membersihkan tangan apabila tidak terdapat fasilitas mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.

3.      Mengkonsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Pastikan untuk selalu mengkonsumsi makanan yang sehat serta bergizi, karena mempunyai banyak manfaat yang baik untuk tubuh termasuk dalam meningkatkan sistem imun. Perbanyak makan buah-buahan dan sayuran serta jangan lupa untuk membersihkan makanan seperti buah dan sayur sebelum dikonsumsi untuk menghindari adanya kotoran maupun bakteri yang masih menempel. Selain itu juga dapat mengkonsumsi suplemen tambahan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

4.      Membawa Alat Makan dan Ibadah Sendiri

Apabila bearktivitas di luar rumah terpaksa harus dilakukan, usahakan untuk selalu membawa bekal dan peralatan makan sendiri dari rumah. Hal ini dikarenakan peralatan makan yang ada di tempat umum seperti restoran atau pantry kantor juga rentan menjadi media penyebaran virus Corona. Selain alat makan, pastikan juga untuk membawa peralatan ibadah sendiri untuk menghindari penggunaan alat ibadah yang bergantian. Menggunakan alat ibadah secara bersamaan semakin memperbesar risiko penularan berbagai kuman, bakteri dan virus, termasuk virus Corona.

Bawa Kebutuhan Pribadi Saat Keluar Rumah Di Masa Pandemi

Selama melakukan aktivitas

1.      Menggunakan Masker Ganda

Usahakan untuk selalu menggunakan masker ganda apabila hendak melakukan aktivitas di luar ruangan. Penggunaan masker ganda direkomendasikan untuk digunakan dan sudah terbukti efektif untuk mengurangi resiko terpapar covid-19 secara signifikan. Tingkat efikasi filtrasi dari masker medis dan kain ini dapat mencapai hingga 85%, sehingga dinilai lebih efektif dalam mengantisipasi penyebaran virus covid-19.

2.      Rajin Membersihkan Tangan

Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir sesering mungkin. Apabila tidak terdapat fasilitas untuk mencuci tangan, bisa menggunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol. 

3.      Jangan Menyentuh Benda-Benda di Tempat Umum

Hindari menyentuh benda-benda di sekitar yang dapat menjadi penyebaran virus seperti pegangan tangga, tombol lift, gagang pintu, dan lainnya. Apabila menyentuh benda-benda tersebut, jangan lupa untuk selalu mencuci tangan kembali.

4.      Hindari Kerumunan

Menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain untuk menghindari terkena droplet dari orang yang bicara, batuk, atau bersin, serta menghindari kerumunan, keramaian, dan berdesakan. Dengan menerapkan jaga jarak serta menghindari kerumunan ketika beraktivitas di luar ruangan atau tempat umum, sudah melakukan satu langkah pencegahan yaitu mencegah dirinya terinfeksi virus covid-19.

Baca Juga: Tetap Waspada Saat Bekerja di Musim Pandemi Covid 19

Setelah melakukan aktivitas

1.      Segera Ganti Pakaian Saat Sampai Rumah

Biasakan untuk selalu melepas sepatu sebelum masuk rumah dan langsung mencuci baju setelah pulang dari beraktivitas di luar rumah. Pakaian yang telah dipakai dapat dicuci menggunakan sabun atau deterjen dan pastikan bahwa pakaian benar-benar kering sebelum disimpan.

2.      Menyegarakan untuk Mandi

Setelah melakukan aktivitas di luar, sebaiknya segera untuk mandi dengan sabun hingga bersih. Hal ini untuk menghilangkan bakteri maupun virus yang menempel pada badan selama melakukan aktivitas di luar ruangan.

3.      Menjaga Kebersihan Rumah

Rajin membersihkan dan melakukan disinfeksi pada permukaan yang paling sering disentuh di rumah merupakan langkah pencegahan penting yang bisa menurunkan risiko penularan. Gunakan cairan desinfektan untuk membersihkan area di dalam rumah yang sering disentuh seperti meja, kursi, kamar mandi, dan sebagainya.

Masyarakat tetap dapat melakukan berbagai aktivitas di luar rumah apabila keadaan tersebut memang harus dilakukan. Apabila aktivitas tersebut tidak terlalu penting, sebaiknya mengurangi aktivitas apapun di luar rumah. Hal ini dapat membantu karena akan semakin sedikit peluang untuk bertemu dengan kerumunan dan aktivitas kontak fisik lainnya. Sehingga dapat melindungi diri sendiri, keluarga dan orang lain untuk terhindar dari infeksi virus covid-19.

Protokol Masuk Rumah Usai Bepergian Di Masa Pandemi

Nah, itulah tips jitu agar aman beraktivitas di luar rumah selama pandemi, semoga artikel ini membantu, ya! Jangan lupa ikuti akun Instagram @stikesbanyuwangi karena berisi selain beragam kegiatan kampus juga informasi kesehatan menarik dan berguna. (Humas)

Leave your thought here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Counter